Aneka Metode Cetak Motif Kain yang dapat Anda Ketahui, Yuk Simak Ulasannya Disini

Kain yang dapat ditemui di pasaran biasanya akan memiliki pola yang beragam dan sesuai dengan teknik yang digunakan pada saat mencetaknya. Proses pencetakan kain yang dimaksud adalah suatu proses pemberian warna atau corak pada suatu kain. Berbagai macam metode dapat digunakan dalam hal ini print kain ini. Simak apa saja aneka metode untuk memberi motif pada kain tersebut berikut ini.

Metode yang Dapat Digunakan untuk Mencetak Motif pada Kain
1. Block Printing
Salah satu metode untuk mencetak motif pada kain adalah dengan menggunakan metode block printing. Metode ini juga tergolong metode yang masih tradisional. Alat alat yang dibutuhkan untuk melakukan metode ini juga terbilang cukup sederhana. Misalnya adalah blok yang terbuat dari aneka jenis bahan, seperti karet, spons, logam, dan juga kayu.

2. Screen Printing
Metode selanjutnya dalam membuat motif pada kain adalah screen printing. Teknik screen printing ini juga biasa dikenal dengan istilah sablon dalam dunia print kain. Alat yang dibutuhkan untuk melakukannya antara lain adalah sebuah bingkai dengan  kain mesh yang memiliki tekstur halus. Teknik pemberian pola dilakukan dengan memberikan warna pada kain mesh yang ada lalu mendorongnya dengan alat tertentu.

3. Engaved Roller Printing
Engaved roller printing merupakan salah satu metode pemberian motif pada kain yang selanjutnya. Metode ini sendiri biasanya digunakan untuk mencetak kain dengan skala besar. Alat yang dibutuhkan untuk melakukan metode engaved roller printing ini adalah sebuah rol logam yang memiliki ukiran berbentuk motif kain. Namun sayangnya jika metode ini digunakan untuk mencetak kain yang sedikit justru dapat menimbulkan pemborosan.

4. Transfer Printing
Metode print kain yang selanjutnya ialah bernama transfer printing. Teknik pewarnaan ini lebih sesuai untuk diaplikasikan pada kain jenis polyester dan kain sintetis. Jenis pewarna yang digunakan pada metode ini bernama pewarna transfer. Setrika juga dibutuhkan dalam proses pemberian motif pada metode ini. Proses pemanasan yang terjadilah yang membuat motif kain dapat tercipta pada kain yang ada.

5. Stencilling
Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menghasilkan motif pada kain ialah stencilling. Alat utama yang digunakan pada metode ini adalah stensil. Stensil sendiri dapat dibuat dari bahan logam maupun kertas. Kertas atau logam yang ada dibuat dengan pola tertentu yang dapat menghasilkan motif pada kain. Stensil yang ada juga dapat digunakan secara berulang ulang.

6. Digital Printing
Metode lainnya yang sudah awam ditemui untuk print kain adalah bernama digital printing. Penggunaan komputer dan perangkat lunak khusus dibutuhkan untuk menggunakan teknik ini. Dari desain yang telah dibuat, kemudian akan dipindahkan pada kertas yang bernama kertas sublimasi. Untuk mencetaknya juga diperlukan printer khusus untuk bahan berupa kain.

7. Rotary Screen Printing
Rotary screen printing juga merupakan salah satu opsi yang dapat dipilih untuk memberikan motif pada kain. Layar silinder yang dibuat dari logam merupakan alat yang dibutuhkan untuk melakukan metode ini. Layar tersebutlah yang akan memberikan warna pada kain yang ada. Kain yang telah diberi perekat kemudian akan melekat pada printer mesin yang ada.

Aneka metode untuk memberikan motif pada kain telah banyak ditemukan saat ini. Mulai dari cara tradisional hingga cara yang modern. Metode tersebut antara lain adalah block printing, screen printing, engaved roller printing, transfer printing, stencilling, digital printing, dan juga rotary screen printing. Setiap metode yang ada juga memiliki aneka kelebihannya masing masing.

Postingan terkait: